Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning)

Belajar tuntas atau mastery learning adalah kegiatan belajar yang menuntun siswa dapat menguasai materi pelajaran secara tuntas.
Pada pengertian belajar tuntas terseburt ada terdapat tiga hal pokok, yaitu kegiatan belajar, menuntun siswa, dan menguasai pelajaran secara tuntas.
1.  Kegiatan Belajar
Kegaiatan belajar mengacu pada prinsip-prinsip kegiatan belajar mengajar, yakni adanya   perbuatan atau kegiatan anak didik yang dibantu oleh guru untuk dapat mengubah tingkah lakunya. Perubahan tingkah laku ini sesuai dengan pola-pola tertentu yang telah disusun secara sistematis, berjenjang, dan terpadu.
2.  Menuntun Siswa
Menuntun siswa dalam hal ini adalah upaya guru sebagai pelaksanaan dan tindak lanjut dari proses belajar mengajar, terutama ditekankan pada penyusunan materi pelajaran secara sistematis, berjenjang, dan terpadu.
3.  Menguasai Pelajaran secara Tuntas
Guru dituntut untuk mampu mengelola proses belajar mengajar dengan sebaik mungkin agar siswa dapat menguasai pelajaran secara tuntas. Dalam hal ini, tugas guru adalah menyampaikan bahan atau mateeri pelajaran kepada siswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunggulan dan Kelemahan Metode Mastery Learning

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2023 - 2024

RPP Kelas Kontrol dan Eksperimen