Keunggulan dan Kelemahan Metode Mastery Learning

Keunggulan Mastery Learning :
  1. Strategi belajar tuntas ini sejalan dengan psikologi belajar modern yang menghargai prinsip perbedaan individual dalam belajar sehingga setiap siswa secara individual memperoleh perhatian dan bimbingan belajar yang optimal.
  2. Strategi belajar tuntas memungkinnkan siswa dapat mengembangkan kreativitas, kemampuan, dan daya pemecahan masalah menurut kehendaknya sendiri.
  3. Hubungan antara guru dengan siswa berjalan secara kooperatif, partisipatuf, dan persuasif sehingga memungkinkan suasana belajar menjadi sangat harmonis.
  4. Karena terdapatnya perhatian terhadap perbedaan individual, hasil belajar siswa akan maksimal, yaitu siswa mampu menguasai materi pelajaran secara tuntas.
  5. Strategi ini memungkinkan seluruh siswa akan naik kelas sebab siswa yang lambat belajarnya terus-menerus dibantu oleh rekan dan gurunya sehingga dapat mencapai mastery.
  6. Hasil belajar menjadi sangat onjektif karena penilaian dilakukan oleh guru, teman sekelas, dan siswa itu sendiri, serta dilaksanakan berdasarkan pada kriteria keberhasilan yang jelas dan spesifik.
  7. Materi pelajaran sangat relevan dengan kurikulum (GBPP) setiap mata pelajaran karena kurikulum / GBPP merupakan pedoman pokok dalam pembelajaran.
  8. Siswa dapat belajar secara lebih leluasa sebab mereka memiliki waktu belajar yang cukup sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  9. Memotivasi guru untuk bekerja lebih aktif dan kreatif sehingga proses belajar mengajar terasa lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
  10. Strategi belajar tuntas mampu memadukan berbagai pendekatan belajar, yaitu pendekatan kelas, kelompok, dan individual.
  11. Jika pengajaran dilaksanakan secara sistematis, siswa yang mengalami kesulitan belajar dibantu, terdapat waktu belajar yang cukup, dan terdapat kriteria yang jelesa mengenai batas penguasaan suatu materi pelajaran, maka seluruh siswa akan dapat mencapai kemampuan belajar yang sangat tinggi.
  12. Strategi belajar tuntas merupakan strategi belajar yang sangat efektif sebab mampu membantu seluruh siswa untuk mencapai pengusaan materi pelajaran secara tuntas.
  13. Terdapatnya umpan balik dan perbaikan belajar memungkinkan motivasi belajar siswa menjadi semakin tinggi karena siswa terus dipacu untuk selalu memperbaiki kesalahan belajarnya.
Kelemahan Mastery Learning :
  1. Karena melibatkan banyak orang dan berbagai kegiatan, strategi belajar tuntas menuntut peningkatan kemampuan guru secara maksimal. Untuk itu, guru harus berkonsentrasi penuh sehingga dapat mengganggu pada kegiatan lainnya. Bahkan, mungkin kegiatan di luar proses belajar mengajar menjadi terbengkalai.
  2. Strategi ini sangat menyita waktu bagi guru sebab guru harus selalu mengecek penyusunan program belajar, baik satuan pelajaran maupun program caturwulan.
  3. Prinsip perbedaan waktu, umpan balik, dan perbaikan dalam belajar tuntas ternyata sangat membutuhkan dana dan fasilitas yang cukup besar sehingga kebanyakan sekolah tidak mampu memenuhinya karena keterbatasan dana dan kemampuan.
  4. Adanya upaya bantuan atau bimbingan dari guru dan teman sebaya menyebabkan siswa menjadi tidak kompetitif dalam belajar. Siswa yang lambat belajar cenderung menunggu bantuan dari pihak lain daripada berusaha sendiri.
  5. Siswa yang cepat belajar cenderung merasa tidak dihargai kemampuannya karena padaakhirnya siswa yang lambat belajar pun akan memiliki kemampuan yang sama. Hal ini mendorong siswa yang cepat belajarnya menjadi enggan untuk membantu temannya yang lambat belajar itu.
  6. Siswa yang terus-menerus memperoleh bantuan atau bimbingan karena lambat belajar, kemungkinan akan merasa rendah diri. Hal ini berakibat hilanya kepercayaan diri siswa tersebut.
  7. Perilaku belajar mengajar yang selalu aktif dan persuasif sangat menuntut konsentrasi, baik dariguru maupun siswa. Hal semacam ini lama kelamaan akan menimbulkan perasaan jenuh. Jika hal itu terjadi, suasana belajar akan sulit untuk dibangkitkan kembali.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2023 - 2024

Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Serta Penyerahan Petikan SK Pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Tenaga Guru Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan Formasi Tahun 2022