Abstraksi Skripsi Penelitian Eksperimen

ABSTRAK

HANNA HANDAYANA (NIM. 20080210171). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share Terhadap Pengusaan Konsep Ekonomi (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Kuningan. 2012.
      Hasil belajar siswa untuk mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Kuningan tergolong masih rendah. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran ekonomi masih menggunakan metode konvensional yang kurang mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu. Pembelajaran konvensional cenderung meminimalkan keterlibatan siswa sehingga guru nampak lebih aktif. Penggunaan metode ini dirasakan kurang efektif, alternatif metode yang dapat digunakan agar siswa menjadi aktif dan pembelajaran lebih bermakna, menarik, menyenangkan, meningkatkan aktivitas dan kerja sama siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share.
     Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan penguasaan konsep ekonomi antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode Think Pair Share dengan siswa yang dibelajarkan metode konvensional.
     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep ekonomi antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode Think Pair Share dengan siswa yang dibelajarkan metode konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan penguasaan konsep ekonomi antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode Think Pair Share dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif pilihan ganda dengan 5 option sebanyak 20 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kuningan pelajaran 2011/2012. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang dan X1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Dalam pembelajarannya, kelas eksperimen menggunakan metode Think Pair Share sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data pretest dan posttest.
   Uji hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (Uji t). Berdasarkan hasil pengolahan data akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata dari kelompok eksperimen sebesar 14,91 dan kelompok kontrol sebesar 10,27. Hasil uji hipotesis uji t menunjukan bahwa dengan taraf signifikansi 95 % dan derajat kebebasan (db) 58 t (5,041) > t (2,004), ini berarti uji hipotesis uji t adalah Hâ‚’ ditolak dan H₁ diterima.
     Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep ekonomi antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode Think Pair Share dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional pada materi pokok uang di kelas X SMA Negeri 2 Kuningan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunggulan dan Kelemahan Metode Mastery Learning

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2023 - 2024

Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Serta Penyerahan Petikan SK Pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Tenaga Guru Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan Formasi Tahun 2022