Perilaku Kelompok Dan Pengembangan Tim

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
      Sebuah organisasi dapat memiliki 10 orang anggota, 15 orang, 100 orang, 1.000 orang, atau bahkan lebih. Keseluruhan anggota organisasi itu bekerja sama dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Kemudian agar mereka dapat bekerja lebih efektif, biasanya keseluruhan anggota organisasi tersebut dibagi-bagi ke dalam beberapa kelompok kerja melalui proses pembagian kerja atau spesialisasi.
      Kemudian kelompok-kelompok kerja tersebut dapat dimungkinkan dipecah kembali ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil. Selanjutnya, dikarenakan para anggota kelompok sering berinteraksi setiap hari dalam pelaksanaan tugasnya, sangat memungkinkan akan terbentuk kembali kelompok-kelompok persahabatan atau kelompok-kelompok dengan minat atau hobi yang sama.
     Kelompok-kelompok dalam sebuah organisasi akan sangat mempengaruhi terhadap keberhasilan pencapain tujuan sebuah organisasi, trutama karena keefektifan kerja yang ditimbulkan oleh adanya kelompok-kelompk tersebut.
      Hal tersebut merupakan sebagian kecil daripada perilaku kelompok yang terdapat di dalam sebuah organisasi, maka dari itu melalui makalah ini akan dibahas lebih mendalam mengenai dinamika kelompok dan pengembangan tim khususnya di dalam sebuah organisasi yang akan sangat erat kaitannya dalam hal pencapaian tujuan sebuah organisasi.

1.2 Tujuan Penulisan Makalah
      Adapun tujuan dari penulisan malakah ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk menambah pengetahun kita, khususnya dalam memahami perilaku kelompok dan pengembangan  tim dalam sebuah organisasi yang erat kaitannya dengan pencapaian tujuan sebuah organisasi.
2. Sebagai salah panduan dalam pelaksanaan proses diskusi kelompok untuk mata kuliah Perilaku Organisasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunggulan dan Kelemahan Metode Mastery Learning

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2023 - 2024

Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Serta Penyerahan Petikan SK Pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Tenaga Guru Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan Formasi Tahun 2022