Kewirausahaan
PROPOSAL USAHA
PT. CIREMAI WATER BOOM
Diajukan Kepada :
……………………………………………..
……………………………………………..
Fitri Rahmawati
Gesty Sugesty
Hanna Handayana
Hasanudin
Santy Nur Triratnasari
Jl. Lingkar Pramuka Cijoho Kab. Kuningan Jawa Barat
Tlp. (0232) 88123456/Fax
E-mail ciremaiwaterboom@yahoo.com
Web : www.ciremaiwaterboom.com
PT. CIREMAI WATER BOOM
Diajukan Kepada :
……………………………………………..
……………………………………………..
Fitri Rahmawati
Gesty Sugesty
Hanna Handayana
Hasanudin
Santy Nur Triratnasari
Jl. Lingkar Pramuka Cijoho Kab. Kuningan Jawa Barat
Tlp. (0232) 88123456/Fax
E-mail ciremaiwaterboom@yahoo.com
Web : www.ciremaiwaterboom.com
BAB I
RINGKASAN PROYEK
RINGKASAN PROYEK
1.1 Pendahuluan
Ciremai Water Boom adalah bidang usaha jasa wisata (Tourism) yang termasuk jenis usaha sarana wisata yang bergerak dalam bidang objek wisata hiburan, yang keberadaannya akan bermanfaat bagi masyarakat. Kuningan yaitu dengan meminimalisir angka pengangguran dan juga meminimalisir angka urbanisasi.
Keberadaan objek wisata Ciremai Water Boom akan berlokasi di daerah jalan baru. Dalam pengelolaan objek wisata ini akan di kelola dengan cara moderenisasi yaitu dengan menggunakan komputerisasi di setiap lini. Kalau kita melihat objek wisata yang sudah ada di kota Kuningan, maka objek wisata ini adalah objek wisata yang pertama ada di kota kuningan dan akan terbesar di wilayah tiga kota Cirebon. Pangsa pasar yang akan dijangkau adalah Kota Kuningan, Cirebon, Majalengka dan Indramayu. Dari keempat kota tersebut akan menjadi titik pertama target pemasaran objek wisata Ciremai Water Boom.
Ciremai Water Boom adalah bidang usaha jasa wisata (Tourism) yang termasuk jenis usaha sarana wisata yang bergerak dalam bidang objek wisata hiburan, yang keberadaannya akan bermanfaat bagi masyarakat. Kuningan yaitu dengan meminimalisir angka pengangguran dan juga meminimalisir angka urbanisasi.
Keberadaan objek wisata Ciremai Water Boom akan berlokasi di daerah jalan baru. Dalam pengelolaan objek wisata ini akan di kelola dengan cara moderenisasi yaitu dengan menggunakan komputerisasi di setiap lini. Kalau kita melihat objek wisata yang sudah ada di kota Kuningan, maka objek wisata ini adalah objek wisata yang pertama ada di kota kuningan dan akan terbesar di wilayah tiga kota Cirebon. Pangsa pasar yang akan dijangkau adalah Kota Kuningan, Cirebon, Majalengka dan Indramayu. Dari keempat kota tersebut akan menjadi titik pertama target pemasaran objek wisata Ciremai Water Boom.
A. Organisasi atau Manajemen
Nama Perusahaan : PT. CIREMAI WATER BOOM
Nama Pemilik : Hasanudin
Bidang Usaha : Jasa Parawisata (Tourism)
Jumlah Karyawan : 32 Orang
B. Pemasaran
Jasa yang dipasarkan : Wisata Air
Sasaran Konsumen : Semua Kalangan
Wilayah Pemasaran : Wilayah Tiga Cirebon
Rencana Penjualan : 2700/bulan
C. Tehnik Operasi
Kapasitas Pengunjung : 10.000 Orang
Ketersediaan Air : Mata Air Cibulan, Cilengkrang, Cibinuang,
Curug Winduherang
Fasilitas dan Sarana : Wisata Air
Masa Implementasi : 1 Tahun
D. Keuangan
Total Pembiayaan : Rp 14.000.640.000,00
Modal Sendiri : Rp 600.000.000,00
Pinjaman yang Diajukan : Rp 14.000.000.000,00
Jangka Waktu Pengembalian : 1,5 tahun
Penjualan Per Tahun : Rp 12.125.666.983,27
Keuntungan Per Tahun : Rp 11.488.566.443,61
Break Event Point : 33.553 tiket dalam 1 tahun
1.2 Analisis SWOT
Kekuatan ( Strength ) :
- Satu-satunya objek wisata air terbesar se-wilayah 3 Cirebon
- Lintasan water boom paling panjang di wilayah 3 Cirebon
- Terapi ikan terbesar di wilayah 3 Cirebon
- Suasana pegunungan alami
Kelemahan ( Weakness )
- Modal terbatas
- Pemasaran masih se-wilayah 3 Cirebon
- Kondisi air tidak stabil
- Berupa area terbuka, jadi apabila cuaca tidak mendukung akan terhambat
- Lokasi belum dilalui jalur angkot
Peluang ( Opportunity )
- Semua kalangan bisa menikmati objek wisata ini
- Menarik perhatian wiatawan luar daerah
Tantangan ( Treat )
- Banyak objek wisata pesaing
- Premanisme
Komentar
Posting Komentar