Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar

A. Pengertian Dan Tujuan
    Variasi adalah keanekaan yang membuat sesuatu tidak menonton. Variasi dapat berwujud perubahan-perubahan atau perbedaan-perbedaan yang sengaja diciptakan atau dibuat untuk memberikan kesan yang unik. Misalnya, 2 model baju yang sama, tetapi berbeda hiasannya akan menimbulkan kesan unik bagi masing-masing model tersebut.
     Di dalam kehidupan sehari-hari variasi memegang peranan yang sangat penting. tanpa variasi hidup ini akan menjadi membosankan. bayangkan kalu kita setiap hari kita harus makan makanan yang sama, misalnya hanya nasi putih dan ikan asin atau kentang goreng dan Kentucky Fried Chicken. Tentu selera makan kita akan berkurang atau hilang sama sekali. Gurihnya ikan asin tidak akan terasa lagi, demikian pula lezatnya ayam goreng Kolonel Sander (pioner Kentucky Fried Chicken) akan lenyap diganti oleh kebosanan terhadap makanan yang sama setiap hari. Oleh karena itu, hidup selalu memerlukan variasi, perubahan yang membawasesuatu yang baru. Variasi membuat hidup menjadi lebih bergairah, dinamis, dan penuh harapan.
      Sejalan dengan kehidupan sehari-hari, variasi sangat dperlukan dalamkegiatan pembelajaran. siswa akan menjadi sangat bosan jika guru selalu mengajar dengan cara yang sama. Tidak jarang terjadi adanya siswa yang selalu hafal dengan “gaya” mengajar gurunya sehingga ia sudah bisa menebak apa yang akan dikatakan oleh guru. hal yang demikian, sering dijadikan bahan permainan yang disampaikan dengan berbagai kode. Tentu saja keadaan seperti ini, tidak menunjang keefektifan kegiatan pembelajaran di kelas. untuk menghindari terjadinya hal-hal seperti ini, guru perlu menguasai keterampilan mengadakan variasi.
      Variasi di dalam kegiatan pembelajaran bertujuan antara lain untuk hal-hal berikut.
1. Menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar.
2. Meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari sesuatu.
3. Mengembangkan keinginan siswa untuk mengetahui dan menyelidiki hal-hal baru.
4. Melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam.
5. Meningkatkan kadar keaktifan atau keterlibatan siswa dlam kegiatan pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunggulan dan Kelemahan Metode Mastery Learning

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2023 - 2024

RPP Kelas Kontrol dan Eksperimen