Keberhasilan Belajar Dan Pembelajaran

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
      Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
mengajar adalah menyajikan ide, problem atau pengetahuan dalam bentuk yang sederhana sehingga dapat dipahami oleh setiap siswa.
      Untuk menyatakan bahwa suatu proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil, setiap guru memiliki pandangan masing-masing sejalan dengan filosofinya. Namun untuk menyamakan persepsi sebaiknya kita berpedoman pada kurikulum yang berlaku saat ini yang telah disempurnakan antara lain bahwa suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila TIK tersebut dapat tercapai.      Untuk mengetahui tercapai tidaknya TIK, guru perlu mengadakan tes formatif setiap selesai menyajikan satu satuan bahasan kepada siswa.Indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam menyatakan bahwa suatu proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil.

1.2 Rumusan Masalah
      1. Apa makna belajar dan mengajar?
      2. Apa makna keberhasilan?
      3. Apa saja indikator keberhasilan belajar?
      4. Bagaiamana penilaian keberhasilan?
      5. Seberapa besar tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar?
      6. Apa program perbaikan dalam proses belajar mengajar?
      7. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan mengajar?

1.3 Tujuan
      1. Untuk memahami pengertian belajar dan mengajar
      2. Untuk memahami makna keberhasilan
      3. Untuk mengetahui indikator keberhasilan belajar
      4. Untuk mengetahui penilaian keberhasilan
      5. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar
      6. Untuk mengetahui program perbaikan dalam proses belajar mengajar
      7. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan mengajar.
1.4 Manfaat
      - Bisa dijadikan sebagai media untuk berbagi informasi dikalangan mahasiswa.
      - Sebagai sumber referensi bagi penyempurnaan tugas selanjutnya.
      - Dapat mengukur tingkat keberhasilan proses belajar mengajar
      - Dalam rangka pengembangan variasi mengajar yang dilakukan guru atau calon guru.
      - Dapat memilih strategi yang tepat sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
      - Untuk memperluas cakrawala guru atau calon guru dalam proses belajar mengajar.



Download Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunggulan dan Kelemahan Metode Mastery Learning

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2023 - 2024

RPP Kelas Kontrol dan Eksperimen