Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling

                                     Judul Buku         : Dasar – Dasar Bimbingan Dan Konseling
                                     Pengarang          : Drs. Agus Mulyadi, M.Pd
                                     Penerbit             : Depdiknas
                                     Tahun Terbitan   : 2003
                                     Jumlah Halaman : 52 halaman

BAB I
KONSEP DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING
        Bimbingan dapat diartikan suatu bantuan atau dorongan yang diberikan kepada setiap individu agar bisa memilih, mempertimbangkan, mempersiapkan diri untuk mendapatkan sesuatu yang akan dicapai. Sedangkan kenseling disini dapat diartikan suatu kegiatan yang mengungkapkan fakta atau data tentang siswa, serta untuk bisa mengatasi masalah yang dihadapi sendiri secara positif.
        Sejalan dengan Peraturan Pemerintah No. 28/1990 tentang Pendidikan Dasar, pasal 25 ayat 1, dikatakn bahwa “Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan.”
       Tujuan umum pelayanan bimbingan dan konseling pada dasarnya sejalan dengan tujuan pendidikan itu sendiri, karena bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari sistem pendidikan. Sesuai dengan pengertian bimbingan dan konseling sebagai upaya untuk membentuk perkembangan kepribadian siswa secara optimal. Secara lebih khusus, kawasan bimbingan dan konseling mencakup seluruh upaya tersebut yang meliputi bidang bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karier.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunggulan dan Kelemahan Metode Mastery Learning

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2023 - 2024

RPP Kelas Kontrol dan Eksperimen