Kompetensi Guru

A.      Kompetensi Pedagogik
a.     Menguasai karakteristik peserta didikdari berbagai aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
b.      Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
c.       Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
d.      Menyelenggarakan pembelejaran yang mendidik.
e.      Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
f.        Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
g.       Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
h.      Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
i.         Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
j.        Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelejaran.

B.      Kompetensi Kepribadian
a.     Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
b.    Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
c.     Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
d.     Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
e.     Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

C.      Kompetensi Sosial
a.     Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
b.     Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
c.    Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

D.      Kompetensi Profesional
a.       Menguasai materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan.
b.      Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
c.       Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
d.      Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunggulan dan Kelemahan Metode Mastery Learning

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2023 - 2024

RPP Kelas Kontrol dan Eksperimen