Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2012

Prestasi dan Persaingan

Manusia dapat menang dalam suatu persaingan hanya jika ia berhasil mencapai kesuksesan. Orang yang menolak persaingan bukan berarti ia menyerah begitu saja dalam pergolakan kemasyarakatan zaman sekarang ini karena tindak tanduknya bukan berdasarkan apa yang dilakukan orang lain, melainkan ia mempunyai gambaran maksud dan tujuan yang tersendiri. Persaingan membuat seorang teman dapat menjadi musuh yang potensial, dan hal ini bukan mempengaruhi kehidupan dalam lingkungan ikatan keluarga. Mengapa kita tidak boleh memupuk persaingan dalam kelas-kelas sekolah dasar ? Banyak di antara kalangan orang tua yang menuntut agar sekolah-sekolah kota membimbing anak-anak menuju “dosa hidup yang indah” yang terdapat di dalam masyarakat kita yang berorientasi kepada konsum. Menurut tanggapan orang-orang tua yang seperti ini, manusia-manusia muda perlu dididik untuk memperoleh persiapan dalam memasuki dunia prestasi dan persaingan. Orang-orang tua ini tidak memahami bahwa persaingan dan nilai-nilai

Menyelesaikan Masalah Bagai Menarik Rambut Dalam Tepung

Seorang Guru Sufi mengatakan, “Selesaikan segala masalah dengan bijaksana, ibarat menarik rambut dalam tepung, rambut di tarik namuan tepung tidak retak”. Perumpamaan sederhana namun mengandung makna yang dalam dan kita seringkali melupakan hal-hal yang sederhana. Setiap manusia pasti mengalami masalah baik besar maupun kecil sebagai sesuatu yang wajar dan sempurna dialami oleh setiap orang. Kita tidak membicarakan masalah yang setiap hari datang, namun kita membicarakan bagaimana menyelesaikan setiap masalah yang kita hadapi dengan cara bijaksana. Tidak mungkin masalah bisa diselesaikan dalam keadaan emosi tidak stabil. Ada sebuah nasehat bijaksana, “Jangan pernah mengambil keputusan disaat anda sedang marah”. Kenapa? Karena keputusan yang keluar pada saat marah atau emosi tidak stabil biasanya cenderung tidak bijaksana dan menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Ketika seorang suami misalnya marah dengan istri maka dengan mudah dia mengucapkan kata “Cerai” begitu juga istri dalam k

Model Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair And Share

Metode Think Pair Shar e dikembangkan oleh Frank Lyman dan rekan-rekannya dari Universitas Maryland. Think Pair Shar e memiliki prosedur secara eksplisit dapat memberi siswa waktu lebih banyak untuk berpikir, menjawab, saling membantu satu sama lain (Ibrahim dalam Estiti, 2007:10) dengan cara ini diharapkan siswa mampu bekerja sama, saling membutuhkan dan saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif. Metode Think Pair Share merupakan salah satu strategi dalam pembelajaran kooperatif yang dapat memberikan waktu kepada siswa untuk berpikir sehingga strategi ini punya potensi kuat untuk memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Peningkatan kemampuan berpikir siswa akan meningkatkan hasil belajar atau prestasi belajar siswa dan kecakapan akademiknya. Siswa dilatih bernalar dan dapat berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk menjawab dengan asumsi pemikirannya sendiri, kemudian berpasangan untuk men

Guru Pendidikan Dasar sebagai Pengelola kelas

Peranan guru Pendidikan Dasar sebagai pengelola kelas hendaknya mampu mengelola kelas, karena merupakan lingkungan belajar serta merupakan suatu aspek dari lingkungan sekolah yang perlu diorganisasi. Lingkungan ini diatur dan diawasi agar kegiatan-kegiatan belajar terarah kepada tujuan-tujuan pendidikan. Pengawasan terhadap lingkungan itu turut menentukan sejauh mana lingkungan tersebut menjadi lingkungan belajar yang baik. Lingkungan yang baik ialah yang bersifat menantang dan merangsang peserta didik untuk belajar, memberikan rasa aman dan kepuasan dalam mencapai tujuan. Kualitas dan kuantitas belajar peserta didik di dalam kelas bergantung pada banyak faktor, antara lain ialah guru, hubungan pribadi antara peserta didik di dalam kelas, serta kondisi umum dan suasana di dalam kelas. Tujuan umum pengelolaan kelas ialah menediakan dan menggunakan fasilitas kelas bagi bermacam-macam kegiatan belajar dan mengajar agar mencapai hasil yang baik. Sedangkan tujuan khusus adalah mengemba